Berita

Demi Mencetak Calon Guru Profesional, FKIP Gelar Training of Trainer (ToT) untuk Pembimbing Magang

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari di Aula E kampus 1 UNCP ini dihadiri oleh 40 Dosen pembimbing Magang III dari 4 program studi, PPKN, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Sesuai dengan UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan UU No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen yang mengamanahkan empat kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu, Pedagogis, Profesional, Sosial dan kepribadian. Kompetensi tersebut tidak serta merta bisa terbentuk hanya dengan pemberian pengalaman dan hanya diakhiri dengan proses pendidikan. Oleh karena itu, pada struktur kurikulum pendidikan akademik untuk calon guru harus menempatkan pemajanan awal (early exposure), yaitu pemberian pengalaman sedini mungkin kepada calon guru melalui Magang di Sekolah secara berjenjang, dan inilah yang dilakukan oleh FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo.

Diharapkan dengan kegiatan Magang di Sekolah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNCP, yang merupakan Fakultas/Kampus pencetak guru di Tana Luwu, bisa memantapkan bekal Mahasiswa sebagai calon Guru masa depan yang profesional dan punya pengalaman sebelum betul-betul menjadi guru nantinya. Hal ini bisa terwujud mengingat program Magang yang merupakan pegganti program PKL di FKIP dilaksanakan secara gradual/berjenjang dimulai dari Magang I, magang II dan Magang III.

ToT untuk Dosen pembimbing itu sendiri dimaksudkan agar mereka bisa membimbing Mahasiswa dalam menyususn dan mengembangkan perangkat pembelajaran, membuat bahan ajar, membuat media dan LKS, membuat instrument dan alat evaluasi pengajaran serta memberikan penilaian langsung terhadap peserta magang, sebuah tanggung jawab yang besar demi menciptakan calon guru hebat dan profesioanal nantinya.

Sukses terus untuk FKIP, jadilah pencetak guru masa depan yang hebat dan professional.

 

Twitter