Berita

Dosen UNCP Melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat Untuk Ibu Nelayan Lokal Danau Tempe

Kegiatan program kemitraan masyarakat (PKM) ini merupakan salah satu bentuk program pengabdian kepada masyarakat oleh dosen Universitas Cokroaminoto Palopo yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Tahun 2018

Dosen Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo menerapkan program kemitraan masyarakat untuk masyarakat nelayan lokal Danau Tempe di Desa Assorajang Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo Provinsi Sulawesi Selatan melalui Program KREASI (Keripik, Kerupuk, Abon, dan Ikan Asin) dari Ikan Gabus dan Ikan Bungo. Kegiatan ini diketuai Ariandi, S.Pd., M.Si.dengan anggota Serli Bongga, S.Si., M.Kes. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, tanggal 12-14 Mei 2018.

Pada kegiatan PKM ini dilakukan pelatihan dan pendampingan pengaplikasian ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengembangkan produksi komoditi ikan lokal menjadi produk pangan yang sehat, bergizi, higienis, aman dikonsumsi, bercita rasa tinggi dan dapat diterima oleh pasar sehingga meningkatkan nilai ekonomi produk. Produk dikembangkan melalui program KREASI yaitu Keripik, Kerupuk, Abon, dan Ikan Asin dari ikan gabus dan ikan bungo agar produk yang dihasilkan lebih variatif dan diharapkan daya beli masyarakat semakin meningkat guna peningkatan penghasilan masyarakat nelayan lokal.

Ariandi menyampaikan, mitra ibu nelayan lokal juga dberikan bantuan berupaalat peniris minyak abon, alat vakum dan alat press kemasan disertai dengan pelatihanproses pengemasan dan labelling produk, kemudian dilanjutkan dengan proses pendampingan pemasaran dan penyebarluasan produk agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas tidak hanya di daerah sekitar.

Ariandi dan Serli Bongga selaku tim pelaksana mengharapkan kegiatan PKM ini dapat membentuk kelompok wirausaha mandiri ibu nelayan lokal danau Tempe yang memiliki manajemen produksi, pemasaran dan keuangan sehingga pengelolaan usaha dapat  termanajemen secara baik dan terstruktur.

DSC_0012

Twitter