Berita

Mahasiswa Fisika Sains Teliti Air Panas Pincara Luwu Utara

Baru-baru ini, sebanyak 44 Mahasiswa Prodi Fisika Fsains adakan penelitian di air panas Desa Pincara Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dari tanggal 4 – 5 Juni 2017 dan mendapat pendampingan dan bimbingan langsung dari dosen pendamping.

Ibu Rahma Manrulu, S.Si., M.Sc, selaku dosen penanggung jawab mengatakan bahwa penelitian ini mencoba mengeksplorasi pemanfaatan air panas Pincara dari segi sumber daya dengan temuan-temuan terbaru, misalnya dengan mengetahui kedalaman Reservoir Air Panas Pincara di Luwu Utara, memungkinkan untuk untuk energy listrik alternatif. Kegiatan yang juga melibatkan dosen lintas prodi ini juga dirasa bermanfaat bagi mahasiswa, karena melatih langsung mahasiswa dalam melakukan penelitian.

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat pemerintah setempat. “Desa kami sering didatangi mahasiswa untuk penelitian, dari Makassar, Jakarta, Bandung bahkan ada yang berasal dari luar negeri. Tapi kami senang kalau yang datang adalah kampus yang berada di daerah sendiri” Ujar Kepala Desa Pincara disela-sela diskusi.

Ditambahkan pula oleh Kades Pincara bahwa Banyak yang berminat meneliti  ditempat tersebut, namun masih terkendala. Tempat tersebut belum termanfaatkan dan dikelolah dengan baik sebagai objek wisata dan sumber daya, harapan kami ada antisipasi sesegera mungkin dari pemerintah untuk kawasan air panas tersebut” tambahnya (4/6/1017).

Memang benar, potensi air panas di Indonesia terbilang besar. Baik sebagai sumber daya maupun sebagai objek wisata, namun lagi-lagi pengelolaan  yang belum maksimal menjadi kendala untuk pemanfaatannya, cadangan sumber daya air panas tersedia dan dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi listrik alternative. Hal inilah yang coba diteliti oleh mahasiswa Fisika  Universitas Cokroaminoto Palopo dan harapannya kegiatan ini terus berlanjut sampai tahapan pemanfaatan sumber daya air panas.

 

Twitter