Berita

Program Pengembangan Kewirausahaan UNCP Lahirkan Wirausahawan Baru

Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) Universitas Cokroaminoto Palopo bekerjasama dengan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi lahirkan wirausahawan baru dalam bidang teknologi, jasa, dan kuliner.

Kegiatan PPK yang dilaksanakan tersebut sebagai salah satu upaya untuk mendukung program pemerintah dalam mencetak jumlah entrepreneur sebesar 5 persen dari jumlah penduduk pada tahun 2020, dimana UNCP sendiri merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai peran  strategis dalam menghasilkan sarjana-sarjana  yang siap  menjadi  entrepreneur  yang handal dan profesional.

ppk-2

PPK ini telah masuk pada tahun kedua dari tiga tahun yang direncanakan. Dalam pelaksanaannya, berbagai program kegiatan yang telah dilakukan, yaitu kuliah umum kewirausahaan, success story dan pameran produk, coaching and mentoring, kompetisi bisnis nasional, dan workshop kewirausahaan.

ppk-5

Sebanyak 6 tenant yang berhasil direkrut dalam program PPK tahun 2018 tersebut, seperti tenant berbasis teknologi, tenant berbasis jasa, dan tenant berbasis kuliner. Pemilihan tenant tersebut dilakukan melalui kompetisi bisnis plan, dan  dalam pelaksanaannya kegiatan tersebut seluruh tenant akan melewati berbagai pelatihan ataupun coaching terhadap jenis usaha yang mereka geluti.

ppk-1

Abd. Rahim Ruspa, S.Pd.,M.Pd selaku Ketua Pengusul mengatakan “dalam pelaksanaan program PPK ini, kami memberikan coaching serta beragam pelatihan dengan memberikan berbagai materi yang sesuai atau relevan sesuai dengan kehidupan masa kini atau kebutuhan pasar seperti Teknik dalam digital marketing, Menentukan Branding Bagi Wirausaha Pemula, Analisis SWOT dalam Berwirausaha, dan Strategi  Diversifikasi  Produk  dan  Inovasi, yang dibawakan oleh narasumber yang ekspert dalam bidangnya Basri Basir, SE.,M.A.k., dan M. Darwis, S.Pd., MM”

Ditambahkannya, selain kegiatan tersebut, tenant juga telah mengikuti studi banding di inkubator kewirausahaan Unismuh Makassar, mengikuti EXPO dan kompetisi bisnis plan di Unismuh Makassar serta keikutsertaan dalam EXPO Kewirausahaan Universitas Cokroaminoto Palopo yang digelar pada Juli lalu.

 

Twitter