Berita

Selamat, Pengurus Baru UKM Pramuka Racana Sawerigading-We’cudai UNCP Dilantik.

Bertempat di Aula E kampus 1 UNCP, Pengurus Dewan Masa Bakti 2016 Anggota baru dan Pandega Racana Sawerigading-We’cudai Gugus Depan 01.001-01.002 Universitas Cokroaminoto Palopo dilantik kemarin.

Pelantikan yang berlangsung Khidmat dengan Upacara Pelantikan Calon Pandega tersebut dihadiri oleh Kwarcab Kota Palopo yang juga Wakil Walikota, Akhmad Syarifuddin, SE.,MM, Rektor UNCP selaku Mabigus, Dr. Suaedi, M.Si dan Pembina Racana Sawerigading-We’cudai Drs. Moch. Djabir, SH, serta undangan dari beberapa sekolah di Kota Palopo. Dalam sambutanya, Rektor yang sekaligus sebagai Mabigus mengingatkan kepada pengurus baru tentang peran Pramuka dalam kehidupan. Terutama dalam mengembangkan sifat patriotisme dan nasionalisme di kalangan remaja sekarang. Dimana didalam organisasi tersebut bisa menumbuhkan rasa kebersamaan antar anggota. Peran pramuka di masa sekarang juga bisa menyalurkan bakat yang dimiliki oleh para anggotanya. Pramuka juga dapat membentuk karakter pribadi seseorang. Seperti misalnya dapat membentuk sifat kedislipinan dalam setiap diri anggotanya, ikut membantu masyarakat dan punya kepedulian yang tinggi.

Sedangkan Kwarcab Kota Palopo yang juga Wakil Walikota, Akhmad Syarifuddin, SE.,MM, dalam sambutanya mengingatkan tentang peran serta pramuka dalam membantu masyarakat, diminta atau tidak diminta, kalau ada kegiatan atau ada masalah yang membutuhkan bantuan, seperti banjir, bencana, maka pramuka harus terjun dan menjadi garda terdepan, ungkapnya.

Pramuka adalah salah satu lembaga UKM kampus yang mempunyai garis komando langsung dari Rektor selaku Mabigus namun tetap pada tatanan aturan kelembagaan dimana Racana merupakan lembaga UKM yang tetap menjalin kerjasama dengan BEM, MAPERWA, UKK, dan UKM lainnya yang ada di UNCP sebagai suatu bentuk penghargaan kepada kelembagaan kampus dan sebagai satu bentuk pengamalan Trisatya dan Dasadarma Pramuka. Sebagai wadah untuk para Pandega yaitu Racana, dimana para pandega dapat mengembangkan dirinya. Pramuka pandega merupakan kader pemimpin yang dipersiapkan untuk mengabdikan diri dalam masyarakat melalui, pembinaan keterampilan dan kepemimpinan di organisasi gerakan pramuka salah satu bentuk pembinaan itu adalah dengan menyusun tata adat racana dalam rangka menciptakan keteraturan administrasi dan kelancaran pelaksanaan kegiatan di racana, khususnya hal-hal yang berhubungan dengan tradisi kepandegaan

Selamat buat Ketua Dewan Terpilih Racana Sawerigading, Triadi Setono dan Ketua Dewan Racana We’cudai, A. Tenri Fani Furgaeni, semoga amanah dan bisa berbuat yang lebih baik untuk UKM Pramuka UNCP. Amin

Twitter