Berita

UNCP dan USAID Prioritas Gelar Training Of Lecturers Pedagogic Untuk Dosen

Dengan mengangkat tema “Praktik yang Baik dalam Pembelajaran”, Hari ini, UNCP melaksanakan workshop Training of Lecturers Pedagogic yang bertempat di kampus 1 aula E dan akan digelar selama 3 hari dari tgl 3 – 5 Desember 2015. Kegiatan yang dihadiri sekitar 65 dosen ini merupakan bentuk kerjasama dengan USAID Prioritas (United States agency for international development) daerah Sul-Sel dan dikhususkan buat dosen baru UNCP yang berasal dari 4 Fakultas.
Dalam sambutanya, wakil rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Dra. Ma’rufi, M.Pd yang juga membuka kegiatan dengan resmi, mengingatkan kepada seluruh peserta tentang pentingnya kegiatan ini, belia mengingatkan untuk serius mengikuti kegiatan ini, ditambahkan juga bahwa masalah ilmu atau Kontent yang dimiliki dosen yang ada di ruangan ini sudah tidak dipertanyakan lagi, namun cara dan metode serta aktivitas transfer ilmu tersebut juga harus dipahami, jangan sampai dosen menjadi “titik sentral” dikelas dan mahasiswa hanya menjadi pendengar dan penonton yang baik, dan momentum ini sangat tepat karena akan ada teori serta praktik bagaimana mengajar langsung di Kelas secara aktif dan efektif serta membuat lesson plan sesuai kurikulum di Kampus kita, ucapnya.
Selaras dengan wakil rektor, ketua tim Fasilitator USAID Prioritas Sul-Sel, Dr. Nensilianti, S.Pd.,M.Hum dalam sambutanya mengatakan bahwa USAID hadir untuk memberikan praktik mengajar yang baik serta efektif dikelas. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuanya mengutamakan pembaharuan serta inovasi dalam pembelajaran. Dr. Nensilianti juga mengingatkan bahwa metode mengajar dengan berfokus pada guru atau dosen dengan sistem ceramah sudah harus diganti dengan lebih menitipberatkan pada siswa yang harus lebih aktif, kreatif dengan guru atau dosen sebagai fasilitator.
Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi dosen khususnya dosen baru yang backroundnya adalah ilmu murni (Non Pendidikan) karena bisa menjadi ajang untuk melakukan dan mencari inovasi dalam pengajaran di kelas nantinya. Selamat.

Twitter