Berita

BAHAS "SUPERKOMPUTER" DI KULIAH UMUM FSAINS

Fakultas Sains (FSAINS) Universitas Cokroaminito Palopo melaksanakan kuliah umum semester genap tahun akademik 2019/2020 Senin 3 Februari 2020 di Aula Gedung H Kampus II UNCP. Penyelenggara kuliah umum mengusung tema "Peluang Riset dengan Superkomputer". Diharapkan mahasiswa dapat termotivasi dalam bidang penelitian setelah menerima kuliah umum. 


1-sains
Kuliah umum dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ma'rufi, M. Pd. Dalam sambutannya Beliau mengingatkan tentang peraturan yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan. "Lama masa studi program sarjana paling lama 7 tahun termasuk didalamnya cuti akademik, diharapkan mahasiswa dapat selasai tepat waktu", ucapnya dalam sambutan.


2-sains
Pemateri kuliah umum adalah Irwan Ramli, Ph.D. Beliau adalah dosen FSAINS UNCP yang memperoleh Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia Luar Negeri (BUDILN) di Ph. D Student Hokkaido University tahun 2016-2019.

3-sains

Superkomputer sangat bermanfaat dalam menyelesaikan komputasi sains dalam skala besar yang dapat mengarah pada lahirnya pengetahuan baru. "Pemanfaatan superkomputer dalam bidang Bioinformatik diantaranya mengumpulkan data yang digunakan sebagai basis dalam pengembangan algoritma DNA Sequence", ucap Irwan Ramli.

Twitter