Berita

25 Dosen UNCP Lolos Pembimbing Lapangan Kampus Mengajar Angkatan 5

Palopo - Kampus Mengajar angkatan 5 merupakan bagian dari MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) tidak hanya merekrut calon mahasiswa. Namun juga, menggandakan seleksi calon dosen pendamping Kampus Mengajar, baik dari dosen PTN, maupun dari PTS yang ada di Indonesia.

Universitas Cokroaminoto Palopo UNCP pada program Kampus Mengajar angkatan 5, mendelegasikan beberapa dosen dan berhasil lolos dalam seleksi tersebut. Sebanyak 25 dosen UNCP berhasil lolos seleksi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

dpl-(2)
25 Dosen Pembimbing Lapangan berasal dari 4 Fakultas, diantaranya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan oleh Karmila, S.Pd., M.Pd., Haspidawati Nur, S.Pd., M.Pd., Nurasia, S.Pd., M.Pd., Fitrah Al Anshori, S.Pd.,M.Pd., Sukmawati Syam, S.Pd.,M.Pd., dan Jusrianto, S.Pd., M.Pd.

Fakultas Pertanian oleh Fibri Indira Lisanty AD, S.Pd., M.Pd., Mariyam Mangkunegara,S.P.,M.P., I Nyoman Arnama, S.P., M.Si., dan Suhaeni, S.Si., M.Pd. Fakultas Sains oleh Ridha Yulyani Wardi, S.Pd., M.Pd., Yuliani, S.Si., M.Si, Fitri Jusmi,  S.Si., M.Sc., Marwan Sam, S.Si.,M.Si., dan Rahma Hi Manrulu, S.Si.,M.Sc.

Fakultas Teknik Komputer oleh Vicky Bin Djusmin, S.Kom., M.Kom., Fajar Novriansyah Y., S.Kom., M.Kom, Safwan Kasma, S.Kom.,M.Pd., Tsamratul’aeni, S.S., M.Hum, Nur wahidin Ashari, S.Pd., M.Pd., Andi Jumardi, S.Pd.,M.Pd., Baso Ali, S.Pd., M.Pd., Supriadi, S.Ag., M.Pd., dan Nuur Insan Tangkelangi, S.Pd., M.Pd.

Rektor UNCP Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. mengapresiasi pencapaian UNCP pada program MBKM, sebanyak 250 mahasiswa berhasil lolos kampus mengajar dan 25 dosen berhasil menjadi Dosen Pembimbing Lapangan.

"Dosen yang lolos akan menjalin komunikasi yang baik ke pihak Dinas Pendidikan serta sekolah dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa untuk semangat dalam mengembangkan tugas yang diamanahkan pemerintah. Harapan ke depan lebih banyak lagi dosen UNCP yang lolos sebagai DPL program kampus mengajar," ungkap Rahman Hairuddin.

Person in Charge Merdeka Belajar Kampus Merdeka UNCP Dr. Rahmat Hidayat, M.Si. mengucapkan selamat kepada dosen yang Dosen Pendamping Lapangan, sebagai bentuk UNCP mendukung program pemerintah melalui program kampus mengajar.

"UNCP senantiasa mendukung program pemerintah melalui program MBKM dari Kemendikbud Ristek, tidak hanya mahasiswa, dosenpun antusias dan berprestasi pada program Kampus Mengajar. Alhamdulillah, angkatan ini memiliki progres yang baik dengan lolosnya 25 dosen sebagai DPL,"pungkasnya.

Fungsi DPL sendiri adalah melakukan komunikasi dengan pihak terkait, seperti Komunikasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Komunikasi dengan sekolah yang dituju (SD), Memberikan Bimbingan Laporan Awal, Respons logbook harian mahasiswa, Respon laporan mingguan mahasiswa, bimbingan dan persetujuan laporan akhir, dan melakukan tahap penilaian.

Melalui program ini Kemendikbudristek menyiapkan karir yang komprehensif guna mempersiapkan generasi terbaik Indonesia, salah satu programnya adalah Kampus Merdeka yang mana program ini merupakan salah satu bagian dalam kebijakan Merdeka Belajar.

Twitter