Berita

ADAKAN SEKOLAH BINAAN, HMPS PGSD UNCP PILIH LIMBONG SEBAGAI TEMPAT LOKASINYA

HMPS PGSD UNCP mengadakan Sekolah Binaan dengan tema “Meningkatkan Minat Baca” di SDN 069 Limbong Kecamatan Rongkong, Kabupaten Luwu Utara. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari (27 s/d 30 Agustus 2019). Pada hari Selasa 27 Agustus 2019, sebanyak  20 mahasiswa UNCP yang didampingi oleh Andi Kilawati, S.Pd., M.Pd., selaku Pembina HMPS PGSD berangkat ke lokasi kegiatan. Sebelum berangkat, Pembina HMPS PGSD mengadakan briefing untuk memastikan bahwa tujuan dan target kegiatan terpahami oleh mahasiswa.

Sebuah realitas bahwa SDN 069 Limbong adalah sekolah pelosok di Kecamatan Rongkong yang belum terjangkau jaringan telepon seluler. Berbicara sekolah pelosok tentu sasaran paling menarik adalah mengkaji kondisi siswanya. Menyusuri realitas di sekolah pra kegiatan (saat observasi) ditemukan bahwa minat baca siswa masih tergolong rendah, bahkan terdapat beberapa siswa yang belum melek baca. Inilah dasar yang menarik bagi kami (warga PGSD UNCP) untuk mengaktualisasikan sekolah binaan di SDN 069 Limbong.

Sekolah Binaan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dalam bingkai literasi yang berbasis kearifan lokal. Limbong boleh terpencil tapi tidak dengan pengetahuan siswanya. Budaya membaca adalah solusinya karena buku adalah jembatan yang dapat menghubungkan siswa di Limbong dengan dunia luar, buku adalah jendela dunia.   

Sekolah binaan ini menekankan “the best process” meliputi penggunaan aneka Media Baca dan melakukan  outdoor activity  dengan teknik 1) menerapkan teknik membaca terbimbing. Teknik ini dilakukan dengan mengelompokkan anak berdasarkan kemampuan membacanya. 2) Teknik berikutnya adalah membaca bersama, 3) teknik terakhir adalah membaca mandiri yang diramu dengan latihan membaca puisi dan cerita rakyat daerah rongkong.

Ending kegiatan ini adalah malam literasi, akan diramu dengan aneka perlombaan: 1) Lomba Baca Puisi, 2) Lomba membaca cepat (membaca cerita rakyat daerah rongkong), 3) Lomba permainan tradisional (Mallongga’ dengan melafalkan pancasila, untuk merawat ingatan terkait 5 sila pancasila pada siswa). Malam literasi ini merupakan ajang evaluasi, untuk melihat sejauh mana keberhasilan sekolah binaan ini.

Twitter