Berita

DOSEN PPKN UNCP IKUTI BIMTEK DOSEN BIDANG PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN

Dosen Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo Muslim Andi Yusuf, S.H., M.H., yang menjabat sebagai Satuan Penjaminan Mutu Program Studi (SPMPS) PPKN UNCP mengikuti Bimbingan Teknis Dosen Bidang Pancasila dan Kewarganegaraan yang diadakan oleh Direktorat Sumberdaya IPTEK dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dilaksanakan pada tanggal 9-11 Juli 2019 di Yogyakarta. Peserta Bimbingan Teknis ini berasal dari 60 Perguruan Tinggi di Indonesia.

Tujuan diadakannya Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi dosen di bidang Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguasaan konten atau materi pokok perkuliahan yang menunjang proses revolusi mental dan terwujudnya warga negara yang memiliki keyakinan kokoh terhadap ideologi Pancasila, mempertebal rasa kebangsaan, memperkokoh kecintaan kepada tanah air yang mampu berpartisipasi secara demokratis dan bertanggungjawab dalam kebijakan public yang berorientasi kepada keadilan dan kesejahteraan rakyat. Tujuan Bimtek ini juga untuk meningkatkan kompetensi dosen Pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan materi perkuliahan serta penguasaan metode pembelajaran yang efektif untuk mewujudkan atau mencapai tujuan Mata Kuliah Pancasila dan Mata Kuliah Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.

WhatsApp-Image-2019-07-12-at-14.13.21

Materi yang diberikan dalam Bimtek ini yaitu Filsafat Pancasila, Ideologi Pancasila, Geopolitik dan Geostrategi, Pancasila dan Radikalisme, Bela Negara dan Pengabdian Profesi, Kebijakan Publik dan Partisipasi Kewarganegaraan serta Model Pembelajaran Pancasila dan Kewarganegaraan sebagai General Education berbasis Project Citizens. Narasumber dalam Bimtek ini yaitu Prof. Dr. Bunyamin Maftuh (Direktur Karir dan Kompetensi SDM), Prof. Drs. Mukhtasar Syamsudin, Ph.D of Arts (UGM), Dr. Arkom Kuswanjono (UGM), Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D (Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut), Dr. Hadirin Suryanegara, M.A.P. (Univ. Singaperbangsa Karawang), Prof. Dr. Encep Syarif Nurdin, M.Pd., M.Si. (UPI), Prof. Dr. Ismi Dwi Astuti Nurhaeni, M.Si. (Univ. Sebelas Maret), Prof. Dr. Sapriya, M.A. (UPI).

Setelah mengikuti Bimtek ini diharapkan kepada dosen bidang Pancasila dan Kewarganegaraan dapat meningkatkan penguasaan konten/materi pokok Mata Kuliah Pancasila dan Mata Kuliah Kewarganegaraan, mengembangkan konten/materi serta mengaplikasikan metode pembelajaran yang menunjang kecakapan mahasiswa. Selain itu dosen yang telah mengikuti Bimtek ini diberikan tugas untuk melakukan diseminasi kepada dosen lain supaya secara kuantitas memberikan manfaat positif. Dosen yang mengikuti Bimtek ini juga telah mempunyai kompetensi khusus dalam mengajarkan Mata Kuliah bidang Pancasila dan Kewarganegaraan. Pada penutupan Bimtek para narasumber berpesan kepada peserta Bimtek untuk merawat Pancasila.

WhatsApp-Image-2019-07-12-at-17.04.39

Twitter