Berita

HAKTEKNAS 2019 DI BALI, UNCP DAPAT UNDANGAN LANGSUNG DARI KEMENRISTEKDIKTI

Acara Peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke-24 Tahun 2019 dengan tema “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0”, dengan sub tema “Industri Kreatif 4.0 untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa” dan tagline “Inovasi, Bangun Bangsa” mencapai puncaknya saat dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala Renon, Jln Raya Puputan, Kota Denpasar Bali pada Rabu (28/8/2019).

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemenristekdikti yang memilih Bali sebagai tempat acara ini. Provinsi Bali dipilih karena memiliki potensi wisata, budaya, industri kreatif, entrepreneur, institusi pendidikan tinggi, peneliti dan innovator, serta berkelas internasional. Hal ini sesuai dengan tema yang diambil terkait pengembangan industri kreatif 4.0 untuk kemandirian dan daya saing daerah. Dalam kegiatan ini, dari 56 PTN dan PTS yang diundang salah satu diantaranya yakni Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) yang dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd. Sebagai informasi bahwa pada tahun 2018, UNCP berada pada peringkat 60 untuk bidang inovasi berdasarkan hasil klusterisasi perguruan tinggi dari Kemenristekdikti. Hasil pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2019, UNCP satu-satunya Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang termasuk kluster 3 di Tana Luwu dan merupakan salah satu PTS terbaik di LLDIKTI 9 Sulawesi.

WhatsApp-Image-2019-08-31-at-14.39.00

Hakteknas ke-24 pada dasarnya menggaris bawahi pentingnya peran iptek dan inovasi di bidang industri kreatif 4.0 sebagai ujung tombak penentu kemandirian dan daya saing bangsa. Beberapa ciri penting dari sebuah negara yang mandiri dan berdaya saing tergambar dari ciri inovatif yang dimiliki seperti tingkat produktivitas yang tinggi, pemasaran produk yang murah dan cepat, pelayanan administrasi publik yang transparan, terintegrasi dan efektif, namun tetap mengutamakan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam yang dimiliki. Meningkatnya kemandirian bangsa pada gilirannya akan mengantarkan Bangsa Indonesia yang berdaya saing dan akan mengangkat harga diri serta kedaulatan bangsa sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Rangkaian kegiatan peringatan HAKTEKNAS ke-24 tahun 2019 di Bali ini yaitu diantaranya Bakti Inovasi, Gerak Jalan Sehat/Jalan Santai, Kegiatan Ilmiah, Talkshow series (TV dan Radio), Welcome Dinner, Acara Puncak Malam Apresiasi, Anugerah Inovasi, Pameran Inovasi Anak Negeri (Eye Catching) dan Ritech Expo. Peringatan HAKTEKNAS ke-24 juga di isi kegiatan ilmiah internasional baik dalam bentuk temu ilmiah, seminar, workshop maupun symposium yang dihadiri oleh perwakilan Negara-negara Asia, Eropa dan Afrika.

WhatsApp-Image-2019-08-31-at-14.33.08

 

 

Twitter