Berita

HDPGSDI GELAR WORKSHOP PPL DAN CPL UNTUK KURIKULUM PRODI PGSD DAN PENDIDIKAN DASAR

MAKASSAR – Himpunan Dosen Pendidikan Guru Sekolah Dasar Indonesia (HDPGSDI) menggelar Workshop Penyelarasan Profil Lulusan (PPL) dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) untuk Kurikulum Program Studi S1 PGSD (Level 6), S2 Pendidikan Dasar (Level 8), S3 Pendidikan Dasar (Level 9) yang bertempat di Swiss Bell Hotel Jl. Ujung Pandang No. 8 Kota Makassar selama tiga hari terhitung mulai Jumat, 6 Maret 2020 s.d 8 Maret 2020.

HDPGSDI merupakan organisasi profesi bagi para dosen yang mengajar di Program Studi PGSD seluruh Indonesia. Narasumber yang dihadirkan pada workshop ini adalah Dr. Ir. Syamsul Arifin, M.T., yang merupakan Tim Ahli Kurikulum dan Pembelajaran (Akademik, Vokasi, Profesi, dan LPTK) Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Beliau juga merupakan dosen tetap Jurusan Teknik Fisika Fakultas Teknologi Industri Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya.

FOTO-2-PGSD

Kegiatan ini dihadiri oleh 147 peserta dari 71 perguruan tinggi, baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Indonesia. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebagian besar diikuti oleh dosen yang mengajar di Program Studi S1 PGSD, S2 dan S3 Pendidikan Dasar. Selain itu kegiatan ini juga diikuti oleh beberapa Asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan TInggi (BAN-PT). Program Studi PGSD Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sendiri mengutus Bapak Sunardin, S.Pd., M.Pd., sebagai salah satu perwakilan dosen PGSD UNCP untuk berpartisipasi pada kegiatan ini.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah (1) Menyelaraskan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan untuk kurikulum Program Studi S1 PGSD, S2 dan S3 Pendidikan Dasar di Perguruan Tinggi seluruh Indonesia, (2) Sebagai ajang silaturahmi nasional antara dosen yang mengajar di Program Studi S1 PGSD, S2 & S3 Pendidikan Dasar di Indonesia, (3) Menjalin kerjasama antara sesama Program Studi dan pengelola jurnal di lingkup S1 PGSD, S2 & S3 Pendidikan Dasar yang ada di Indonesia.

FOTO-3-PGSD

Adapun manfaat dilaksanakannya kegiatan ini yaitu melalui kegiatan ini Program Studi PGSD UNCP dan Jurnal PGSD (Cokroaminoto Journal of Primary Education) telah menjalin kerjasama dengan HDPGSDI melalui MoA (Memorandum of Agreement) dengan lingkup (1) Peningkatan kerjasama dan studi banding dalam pengelolaan pendidikan tinggi, (2) Peningkatan kerjasama dalam bidang penelitian dan pengabdian bagi dosen dan mahasiswa, (3) Peningkatan kerjasama dalam kegiatan ilmiah baik Seminar, Workshop dan kegiatan ilmiah lainnya baik skala nasional maupun internasional, (4) Peningkatan kerjasama penulisan jurnal ilmiah.

Dengan demikian diharapkan kegiatan workshop ini dapat menjadi standar serta pedoman dan rekomendasi kepada setiap Program Studi S1 PGSD, S2 & S3 Pendidikan Dasar yang ada di Indonesia dalam menetapkan profil lulusan dan capaian pembelajaran lulusan kurikulum Program Studi.

FOTO-4-PGSD

Twitter