Berita

MAHASISWA KKN UNCP KECAMATAN TOWUTI GELAR SEMINAR PELESTARIAN BUDAYA

Pada hari Kamis 22 Agustus 2019, mahasiswa KKN UNCP Periode II 2019 Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur menggelar Seminar Pelestarian Budaya dengan Tema ‘‘Mengembangkan Sumber Daya Manusia serta Mempererat Tali Persaudaraan Antar Kebudayaan Lokal’’ di Gedung Bantaea Desa Wawondula Kecamatan Towuti.

Seminar ini merupakan salah satu program kerja kecamatan yang diusulkan sebelum perayaan HUT RI ke-74. Dalam seminar ini ada 3 pemateri yang diundang yakni Bapak Semuel (Sekretaris Umum Pasitabe) sebagai Keynote Speaker, Bapak Thomas Lasampa (Dewan Adat Suku Padoe) sebagai Invited speaker I dan Bapak Jumar Bantoto (Ketua Pasitabe) sebagai Invited Speaker II.

b

Kegiatan ini mendapat apresiasi luar biasa dari Camat Towuti dan Lembaga adat Kecamatan Towuti, ‘‘Kami sebagai Pemerintahan Kecamatan Towuti sangat berterima kasih dengan Mahasiswa KKN atas penyelenggaraan kegiatan ini, dimana banyak etnis di Kecamatan Towuti ini, sehingga dengan adanya seminar ini, semoga masyarakat tidak melupakan budayanya dan tetap menjunjung tinggi rasa persaudaraan antar budaya, suku, ras dan agama yang ada di Kecamatan Towuti ini’’, tuturnya. Di samping itu, Pemateri sangat bangga, karena baru kali ini mahasiswa KKN mengadakan seminar pelestarian budaya, seperti yang mereka paparkan bahwa, dunia modern semakin canggih sehingga banyak budaya yang tidak dilestarikan lagi. Oleh sebab itu, dengan adanya kegiatan ini masyarakat Kecamatan Towuti mendapatkan pemahaman tentang bagaimana  pentingnya budaya.

Disamping itu, kegiatan seminar ini dimeriahkan dengan Tarian suku asli Towuti yakni Tarian Riringgo dari suku Padoe. Suku Padoe merupakan suku pertama yang ada di Kecamatan Towuti, masyarakatnya pun mayoritas suku padoe, diikuti oleh suku Toraja, Bugis, Manado, Jawa dan lain sebagainya. Banyaknya suku, ras dan agama di Kecamatan Towuti tidak mengurangi rasa toleransi dan selalu bersinergi dalam menjaga kerukunan antar kebudayaan yang berbeda.

c

 

Twitter