Berita

UNCP DAN UGM GELAR TOT SOCIOPRENEURSHIP UMKM DAN KOPERASI BERBASIS SAWIT

PALOPO - Implementasi kerjasama Universitas Cokroaminoto Palopo bersama Universitas Gadjah Madah dalam bidang Tridharma. Ahad, 17 Oktober 2021 bertempat di Aula E Kampus 1 UNCP, diselenggarakan Training of Trainer (ToT) Pendampingan Membangun Sociopreneurship Usaha Kecil Menengah dan Koperasi (UKMK) Berbasis Sawit. Kegiatan diikuti oleh dosen Fakultas Pertanian dan Fakultas Sains serta perwakilan mahasiswa. Kegiatan terlakasana secara hybrid, luring di Aula E UNCP dan daring melalui zoom dan live YouTube Universitas Cokroaminoto Palopo.

 rektor-rh

Rektor UNCP Rahman Hairuddin, S.P., M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa suatu kebanggaan bagi UNCP dapat berkolaborasi dengan UGM dalam bidang pengabdian kepada masyarakat. "Luaran kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya petani kelapa sawit dalam melihat peluang bisnis," pungkasnya. Harapan ke depan, kerjasama ini terus terjalin dan memberikan keuntungan bagi kedua institusi.

 prof

Kegiatan ToT terlaksana sebagai bentuk kerjasama Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Gadjah Mada dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Cokroaminoto Palopo. Narasumber ToT adalah Prof. Ir. Irfan D. Prijambada, M.Eng., Ph.D (Direktur Pengabdian kepada Masyarakat UGM) dan Ahmad Suparmin, S.P., M.Agr., Ph.D.

 asdasfv

Krisis energi listrik disebabkan oleh menipisnya sumber energi konvensional berbahan bakar fosil. Dewasa ini, kebutuhan energi listrik di Indonesia semakin meningkat mengikuti perkembangan teknologi dan jumlah penduduk. Salah satu solusi menghadapi kondisi tersebut dengan memanfaatkan sumber energi alternatif yang ramah lingkungan, efektif, efisien dan berkelanjutan.

 WhatsApp-Image-2021-10-18-at-10.43.38

Biomas sawit adalah salah satu alternatif sumber energi alternatif berkelanjutan. Biomas sawit diperoleh dari cangkang dan serabut sawit. Berbagai studi telah menguji dan membuktikan pemanfaatan limbah sawit sebagai pengganti bahan bakar pembangkit listrik.

Twitter