Berita

Diskusi Ilmiah UNCP: Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi

Universitas Cokroaminoto Palopo pada minggu 7 Januari 2018 di Aula E Kampus 1 UNCP menggelar diskusi ilmiah dengan menghadirkan Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, M.P dan Rektor Universitas Gunadarma Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.,MM.

Kegiatan dengan tema “Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi” tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berkelanjutan yang dijalankan secara internal untuk mewujudkan visi dan misi perguruan tinggi khususnya UNCP, serta untuk memenuhi kebutuhan stakeholders melalui penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi.

@_DSC0008

Mengawali kegiatan diskusi ilmiah Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Ma’rufi, M.Pd menyampaikan ucapan terimakasih kepada Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi atas arahan serta motivasi yang diberikan kepada UNCP sehingga mampu mencapai prestasi sebagai kampus terbaik se Luwu Raya, dan juga kepada Rektor Universitas Gunadarma atas kerjasama yang terjalin selama ini. Harapannya, melalui kegiatan ini kedua narasumber akan memberikan pengalaman dan informasi terkait implementasi tridharma perguruan tinggi melalui penjaminan mutu internal sehingga UNCP kedepannya mampu mencapai salah satu perguruan tinggi swasta dengan akreditasi A, dimana pada tahun 2030 dengan visi yang telah dibangun selama ini UNCP akan menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam mengimplementasikan tridharma perguruan tinggi.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof. Dr. Ir. Hj. Andi Niartiningsih, M.P. dalam hal ini juga menjelaskan bahwa posisi perguruan tinggi saat ini berada pada lingkup pengembangan sistem pendidikan melalui penjaminan mutu, dan dipertegas juga bahwa jika sistem penjaminan mutu sudah berjalan dengan baik dan sudah berkesinambungan atau sudah berjalan dengan natural maka akreditasi kampus akan mengikut dengan apa yang telah dilaksanakan. Sedangkan  Prof. Dr. E.S. Margianti, SE.,MM, dalam materinya juga menyampaikan terkait pengalaman bagaimana mencapai sebuah universitas yang unggul melalui siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal Perguruan Tinggi (SPMI PT) yaitu tercapainya standar nasional dikti yang telah ditetapkan, dimana seluruh civitas akademika wajib melaksanakan apa yang telah ditetapkan tersebut guna mencapai cita-cita yang tercantum dalam standar dikti, dan untuk tahapan selanjutnya yaitu melakukan  evaluasi, baik dalam bentuk monitoring, evaluasi diri dan audit mutu internal pada setiap perguruan tinggi guna untuk mengukur sejauh mana standar dikti telah dilaksanakan, dipenuhi dan diwujudkan dengan benar.  

@_DSC0022

Mengakhiri kegiatan diskusi ilmiah tersebut Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi mengharapkan UNCP kedepannya bisa menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi kedepannya, dimana UNCP saat ini termasuk salah satu perguruan tinggi dengan klaster utama dalam bidang penelitian, dimana untuk kopertis wilayah IX saat ini hanya terdapat 2 perguruan tinggi yang mampu mencapai prestasi tersebut. Harapannya adalah seluruh civitas akademika dapat mempertahankan prestasi tersebut dan dapat ditingkatkan lagi menjadi klaster mandiri.

@_DSC0011

@_DSC0004

@_DSC0026

@_DSC0031

@DSC_9239

 

 

Twitter