Berita

FAKULTAS SAINS UNCP SUKSES GELAR SAINS TALK “NGOBROL SANTAI TENTANG SAINS”

Fakultas Sains Universitas Cokroaminoto Palopo (FSAINS UNCP) sukses gelar Sains Talk dengan tema “NGOBROL SANTAI TENTANG SAINS” pada hari Sabtu, 10 April 2021. Kegiatan tersebut digelar secara online melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming facebook dengan peserta berasal dari berbagai daerah diantaranya Tana Luwu, Makassar, Pangkep, Enrekang, Gowa, Majene, Batu Putih, Pakue, bahkan ada yang berasal dari Kalimantan dan Malang. Para peserta merupakan siswa SMA/SMK/MA-sederajat, mahasiwa, guru, dosen dan praktisi pendidikan.

FOTO-2-SAINS-TALK

Kegiatan Sains Talk dihadiri oleh 3 orang narasumber yang merupakan dosen Fakultas Sains yang baru saja menyelesaikan studi doktornya di dalam dan luar negeri. Diantaranya Irwan Ramli, Ph.D., Dr. Rahmat Hidayat, M.Si., dan Dr. Hasrianti, M.Si. Para narasumber menceritakan pengalaman kuliahnya, mendapatkan beasiswa, mampu “mengusir” pikiran orang tentang susahnya belajar Sains dan mampu menggambarkan peluang-peluang kerja yang dapat dijelajahi saat menyelesaikan studi dengan sarjana sains.

FOTO-3-SAINS-TALK

Saat host, Muh Nur Alam, S.Si., M.Si. bertanya tentang “kenapa Sains selalu dianggap susah oleh sebagian orang?”, para narasumber nyatanya punya jawaban yang sama bahwa “Sains itu tidak sulit, pikiran kitalah yang menyulitkannya” kata Dr. Rahmat Hidayat, M.Si. “Hanya orang yang belum mengenal Sains yang mengganggap Sains itu sulit, namun ada yang harus dievaluasi bahwa memperkenalkan Sains haruslah melalui konsep kehidupan” kata Irwan Ramli, Ph.D. “Kesulitan itu hanyalah datang dari pikiran kita, saat dijalani rasanya santai saja dan guru punya andil besar untuk memperkenalkan Sains dengan cara indah agar dapat dipandang dengan indah pula,” kata Dr. Hasrianti, M.Si.

FOTO-4-SAINS-TALK

Kegiatan ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar masyarakat utamanya siswa/mahasiswa untuk belajar Sains, sehingga kegiatan-kegiatan serupa akan menjamur dan mewarnai pendidikan di Indonesia, khususnya di Kota Palopo.                                                                                                                 
FOTO-5-SAINS-TALK

FOTO-6-SAINS-TALK

Twitter