Berita

FTKOM UNCP SUKSES GELAR SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMPUTER TAHUN 2021

Palopo - Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo menyelenggarakan Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komputer dengan mengusung tema "Peran Big Data dan Artificial Intelligence di Era Pandemi Covid-19". Kegiatan dilaksanakan secara virtual melalui zoom dan live YouTube Rabu, 15 September 2021.

rektor-1

Rektor UNCP Dr. Ma'rufi, M.Pd. dalam sambutannya memaparkan bahwa era digitalisasi menuntut dosen untuk mengembangkan 3 literasi. Literasi data berkaitan dengan kemampuan menganalisis dan menggunakan big data, literasi teknologi berkaitan dengan memahami cara kerja mesin yang berkaitan artificial Intelligence, dan literasi manusia berkaitan dengan kemampuan komunikasi dan desain. "Saat ini menguasai teknologi adalah tuntutan, namun salah satu sisi terpenting adalah karakter dan integritas," ucapnya.

dekan-1

Rusmala, S.Kom., M.Kom Dekan FTKom UNCP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada atas kesediaan pembicara dalam kegiatan seminar. "Kami berharap dengan seminar ini, pengetahuan peserta bisa fresh kembali tentang big data terutama dimasa pandemi," pungkasnya. Big data di masa pandemi memiliki peran sebagai sumber informasi bagi machine learning untuk mempelajari informasi secara cepat dan otomatis.

ketua-pntia

Ruhamah, S.Kom., M.Kom. selaku ketua panitia melaporkan, seminar menghadirkan pembicara Ismail Fahmi, Ph.D. (Faunder PT Media Karnel Indonesia, Drone Emprit) dan Dr. Nina KurniaKurnia Hikmawati, S.E., M.M. (Sekretaris Jenderal APTIKOM). Jumlah peserta Non Pemakalah sebanyak 1558 orang dan pemakalah sebanyak 30 orang. 20 Pemakalah berasal dari UNCP, 10 pemakalah eksternal dan salah satu diantaranya berasal dari luar sulawesi.

mat-1

Pengembangan Big Data dan AI dimasa pandemi adalah menyimpan informasi semua warga negara. Peran Big Data memberikan kemudahan bagi pemerintah berupa data center dengan membuat aplikasi melawan covid 19. Peran big data dalam melawan covid 19 membutuhkan partisipasi dari warga negara dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam upaya melawan covid 19.

mat-2

Twitter