Berita

LPPM UNCP SUKSES LALUI MONITORING DAN EVALUASI EKSTERNAL ABDIMAS

Lembaga Pengabdian dan Penelitian Masyarakat (LPPM) Universitas Cokroaminoto telah melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Eksternal Pengabdian kepada Masyarakat Multitahun Hibah DRPM Tahun Anggaran 2020 pada tanggal 2 November 2020. Kegiatan ini berdasarkan atas  Surat Deputi bidang penguatan riset dan pengembangan, nasional Kementerian Riset  dan Teknologi/ Badan Riset  dan Inovasi No. B/1063/E3.3/RA.06/2020 perihal  pemberitahuan lanjutan pelaksanaan monitoring dan evaluasi program  pengabdian kepada Masyarakat Skema Multitahun.  

 Monev-1

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring dan dipandu langsung oleh Leli Nurlaeli dari DRPM dengan Dr. Ahmad Fahmi sebagai reviewer eksternal DRPM. Monev Eksternal ini diikuti seluruh Tim “Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cokroaminoto Palopo” yang diketuai oleh Dr. Ma’rufi, M.Pd, dengan anggota Dr. Muhammad Ilyas, M.Pd, Reski Yusrini Islamiyah, S.Pd. M.Pd. dan  Aswar Anas,  S.Pd., M.Pd. Monev eksternal ini merupakan monev tahun ke-3 Program PPK FKIP UNCP dan melibatkan seluruh tenant selama 3 tahun. Sebelumnya telah dilaksanakan monev internal LPPM pada tanggal 24 Oktober 2020, dengan melibatkan salah satu reviewer internal UNCP, Dr. Suaedi, S.Pd. M.Si.

 Monev-2

Dr. Ma’rufi, M. Pd selaku ketua tim menghaturkan terima kasih kepada pimpinan Universitas, pimpinan Fakultas, Ketua dan Sekretaris LPPM yg telah mendukung pelaksanaan monev eksternal. Selain itu, beliau berterima kasih kepada reviewer dan tim DRPM atas saran-saran yg diberikan agar pelaporan dan luaran PPK dapat sesuai dengan panduan dan program PPK dapat berkelanjutan. “Terima kasih juga kepada tenant PPK yang telah bekerja sama mengikuti pelaksanaan monev ekternal,” pungkasnya.

 Monev-3

Pelaksanaan kegiatan monev eksternal ini diawali oleh pembukaan dari DRPM kemudian dilanjutkan dengan Presentasi oleh ketua tim pelaksana selama 10 menit, pemutaran video dokumentar dan diskusi/tanya jawab antara Reviewer dengan tim pelaksana. Selama 3 tahun, PPK FKIP UNCP telah berhasil membina 20 tenan dan beberapa diantaranya telah menjadi wirausaha mandiri. Dari kegiatan ini diharapkan agar tenant yang telah dibina oleh PPK FKIP UNCP dapat terus melanjutkan usahanya menjadi pengusaha mandiri, yang kemanfaatannya bukan hanya untuk dirinya sendiri namun juga dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat luas.

Monev-4

 

Monev-5

Twitter