Berita

Program Studi Agroteknologi Kembangkan Kebun Percobaan

Sudah beberapa tahun ini, sebuah terobosan baru di dunia pertanian, mahasiswa Agroteknologi Fakultas Pertanian UNCP diberi mata kuliah bernuansa praktik lapangan, kebun percobaan, sawah percontohan dan green house. Kebun Percobaan merupakan laboratorium lapangan dalam menguji, menganalisa, menyusun hipotesa tentang teori-teori pegetahuan pertanian yang didapat diruang kuliah. Mahasiswa yang memprogramkan mata kuliah 3 SKS yang diuraikan 2 sks teori tatap muka dalam kelas selebihnya akan ditugaskan untuk melakukan praktek aplikasi teknologi budidaya tanaman pada kebun percobaan. Kombinasi antara teori dan praktek di kebun percobaan diharapkan mampu menghasilkan luaran sarjana pertanian yang memiliki kapasistas teoritis dan keterampilan dalam menerapkan teknologi budidaya yang tepat guna dan bisa bersaing di dunia kerja nantinya.

Adapun tujuan dari pengembangan kebun Percobaan ini adalah untuk melatih kerampilan mahasiswa pertanian dalam menumbuhkembangkan iptek yang tepat guna, menumbuhkan ketekunan dan inovasi baru dalam aplikasi teknologi budidaya tanaman serta menciptakan kesadaran teoritis dan reflektif mahasiswa dalam penguasaan bidang ilmu pertanian

Manfaat dari kebun percobaan ini sangat besar karena bisa melahirkan sarjana pertanian yang memiliki daya saing tinggi ketika sudah berada di tengah masyarakat, menghasilkan kepekaan dan kehandalan mahasiswa dalam menguasai dan mengaplikasikan ilmu pertanian secara komprehensif.

Kebun ini sendiri dikelola oleh Mahasiswa Agroteknologi dibawah pengawasan dan bimbingan Fakultas pertanian. Selain Kebun percontohan, Fakultas pertanian juga mengelola sawah percontohan dan Green House untuk kepentingan praktik mahasiswa. Ini diharapkan agar mahasiswa lebih kreatif secara praktik bukan hanya teoritis.

Saat ini Agroteknologi adalah slah satu jurusan Favorit di UNCP, mengingat luaranya banyak yang sudah berhasil dan bisa bersaing di dunia kerja. Dari pemerintah pun sudah diakui, terbukti dengan Akreditasi sangat baik (B) yang didapat dari BAN-PT. Fasilitas perkuliahan berlantai 3, Fasilitas olahraga, HMPS dengan banyak kegiatan kemahasiswaan yang sering dilaksanakan, Wifi, laboratorium kultur Jaringan, Lab. Bahasa, Aula serba Guna dan fasilitas yang menunjang lainya.

Sekarang, penerimaan mahasiswa baru sudah terbuka di Fakultas Pertanian, saatnya anda menjadi bagian dari kami.

 

 

Twitter