Berita

PEMBEKALAN PKL FSAINS UNCP DIIKUTI OLEH 63 MAHASISWA

Dalam rangka Praktik Kerja Lapang (PKL), Fakultas Sains (FSAINS) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menyelenggarakan pembekalan di Aula H Kampus II UNCP pada hari Sabtu, 18 Januari 2020.

Kegiatan pembekalan tersebut dibuka oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik Ibu Dr. Ma’rufi, M.Pd., yang dihadiri oleh bapak, ibu dosen sekaligus pembimbing mahasiswa PKL serta 63 mahasiswa yang akan melaksanakan PKL.

Berdasarkan laporan dari Ketua Pengelola PKL FSAINS UNCP Tahun Akademik 2019/2020 Bapak Dr. Muhammad Muzaini, S.Pd., M.Pd., menyampaikan beberapa poin penting dalam pembekalan PKL tersebut yaitu jumlah mahasiswa yang mengikuti PKL sebanyak 63 mahasiswa yang terdiri dari 15 mahasiswa Prodi Matematika, 6 mahasiswa Prodi Fisika, 20 mahasiswa Prodi Kimia dan 22 mahasiswa Prodi Biologi, ditempatkan di 16 instansi yang berada di Kab. Luwu Timur, Kab. Luwu, Kab. Maros, Kota Pare-Pare, Kota Makassar dan Kab. Gowa, yang dilaksanakan selama dua bulan mulai dari tanggal 20 Januari s/d 20 Maret 2020.

Rangkaian kegiatan pembekalan PKL FSAINS ini diisi dengan beberapa materi yakni materi pertama tentang Pendidikan Karakter yang dibawakan oleh Rektor UNCP, materi kedua tentang Etika dan Tanggung Jawab Sosial Staf/Mahasiswa PKL yang dibawakan oleh Ibu Pauline D. Kasi, S.Si., M.Sc., materi ketiga tentang Pengenalan Sistem Birokrasi Organisasi di Instansi yang dibawakan oleh Kepala Kantor Dinas Lingkungan Hidup Belopa dan materi keempat/materi terakhir tentang Sistem Evaluasi PKL yang dibawakan oleh Ibu Ilmiati Illing, S.Si., M.Pd.

PKL merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa semester VI pada keempat Prodi di FSAINS yang diprogramkan di semester genap setiap tahun akademik berlangsung. Mata kuliah ini merupakan penerapan dari teori yang diperoleh di perkuliahan yang sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing Prodi, yang bertujuan agar mahasiswa mendapat pengalaman bekerja yang nyata di lapangan sebagai penerapan keilmuan yang dimiliki berupa pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap yang diperlukan dalam lingkungan kerja, serta mengetahui tingkat pemahaman dalam mengikuti teori-teori yang diperoleh di perkuliahan.

PKL-FSAINS-2

Twitter