Berita

Dosen UNCP Lakukan Pelatihan ArGIS bagi Guru di Kabupaten Soppeng

Pekan kemarin, 3 orang dosen Universitas Cokroaminoto Palopo yang mendapatkan hibah dikti bekerjasama dengan dosen-dosen yang tergabung pada Pusat Studi Sistem Informasi Geografis (PSSIG) dan kelompok Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bidang Studi Geografi melakukan PKM  Kelompok Guru Geografi Kabupaten Soppeng. Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 26 orang guru bidang studi Geografi dari 12 sekolah menengah atas yang berada di Kabupaten Soppeng.

Sesuai dengan temanya yaitu meningkatkan teknologi informasi berbasis Sistem Informasi Geografis (SIG), maka kegiatan tersebut difokuskan pada peningkatan kemampuan peserta dalam membuat peta berbasis SIG dengan menggunakan perangkat lunak ArGIS. Kegiatan dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 9-10 Maret 2018. Sebanyak 4 (empat) materi yang dipaparkan pada kegiatan tersebut. Hari pertama diisi oleh 2 orang pemateri yaitu Ibu Rahma Hi. Manrulu, S.Si., M.Sc dengan judul Pengantar GIS dan ArGIS serta aplikasinya di Kabupaten Soppeng. Selanjutnya oleh Bapak Andi Jumardi, S.Pd., M.Pd. dengan judul Pembuatan Peta Administrasi Kabupaten Soppeng. Hari kedua dilanjutkan oleh Bapak Aryadi Nurfalaq dengan judul Pengolahan Data Spasial dan terakhir oleh Bapak Feri Fadli, S.Si., M.Pd. dengan judul Pembuatan Peta Hasil Export Google Earth. Semua materi pelatihan dikemas agar peserta pelatihan mampu membuat peta menggunakan ArGIS dan mampu mengaplikasikan ilmu tersebut dalam proses pembelajaran di sekolah masing-masing.

Kegiatan tersebut mendapat perhatian khusus dari dinas pendidikan. Koordinator Wilayah Kabupaten Soppeng (KWKS) Bapak Sabri, S.Pd., M.Pd. menyebutkan dalam sambutannya bahwa kegiatan seperti ini memacu keterampilan guru dalam mengajar. Kegiatan seperti ini diupayakan untuk terus dilakukan demi pengembangan pendidikan.

Pengabdian

Twitter